Rabu, 10 September 2014

Kamil yang Syamil

Hari ini, tepatnya hari Selasa, 9 September 2014 pukul 07.00 - 08.30  aku mengajar di kelas 9C.  Tidak ada materi yang aku siapkan karena aku sudah sepakat  dengan mereka bahwa hari ini akan ada ulangan pertama IPA Fisika. Pengkondisian kelas dan memindahkan posisi tempat duduk memakan waktu sekitar 15 menit. Pengkondisian yang cukup lama karena di kelas ini, ada siswa yang memang perlu pelayanan ekstra sabar dan ikhlas.
Sebut saja namanya Kamil (bukan nama sebenarnya).
Kamil anak yang baik namun memiliki energi yang cukup besar. Walaupun memiliki badan yang tergolong kecil dibandingkan dengan teman-teman seangkatannya. Kamil cukup disegani oleh teman-temannya, mungkin karena Kamil mudah bergaul sehingga memiliki banyak teman, atau juga karena temen-temanya sudah mengetahui sifatnya.
Di kelas Kamil tidak bisa diam atau sering pindah-pindah tempat, terkadang juga suka "iseng" dengan teman-teman satu kelas atau kelas yang lain. Jika ada guru yang telat masuk ke kelas 9C maka  Kamil sudah berada di kelas lain. Guru-guru sudah tahu bahwa memberi sanksi kepada Kamil tidak menyuruhnya ke luar kelas karena ia akan senang.
Setiap hari Kamil harus minum obat agar dapat mengurangi besar energi dan sifat isengnya itu. Ia masih dalam proses pengawasan psikolog tentu juga perhatian orang tua dan guru amat sangat diperlukan agar Kamil sembuh dengan sempurna.
Kebiasaan Kamil yang sering dilakukan selain keluar kelas antara lain: tidak memakai dasi sanksinya biasanya memakai dasi guru, membawa gitar walaupun tidak ada pelajaran seni musik, tuker-tuker sepatu sehingga kanan kiri sepatunya berbeda-beda, tidak bawa peci dan Al-Quran pada saat pelajaran agama dan tadarus Quran di awal pelajaran jam pertama setiap hari.
Semoga Kamil menjadi pribadi yang syamil (sempurna) dengan dukungan guru-guru, orang tua, dan teman-temanmu kelak, dan jangan lupa.... bahwa semua kehendak akan sia-sia jika tidak dikehendaki Allah SWT. Untuk itu, peran doa amat sangat diperlukan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar