Selasa, 17 November 2009

Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi di dalam proses pendidikan

Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi merupakan komponen yang harus ada pada setiap proses pembelajaran di kelas. Eksplorasi di dalam proses pendidikan tentu saja merupakan usaha mencari tahu keadaan siswa saat itu, termasuk siswa yang terlambat atau yang tidak hadir pada saat proses pembelajaran. Eksplorasi dapat juga mencari tahu kerapihan, ketertiban, kebersihan kelas. Pendidik profesional tidak akan memulai pembelajaran sebelum kelas dalam keadaan bersih dan rapih dan selalu mengecek ketertiban siswa dalam menaati peraturan sekolah yang telah ditetapkan. Catatan lengkap eksplorasi seorang pendidik sangat bermanfaat sekali pada saat pengambilan nilai sikap siswa.

Elaborasi adalah strategi pembelajaran yang menambahkan ide tambahan tertentu berdasarkan apa yang seseorang sudah mengetahui sebelumnya (Ormrod,2006). Elaborasi metode pembelajaran baik juga diterapkan agar proses pembelajaran bervariatif. Elaborasi adalah mengembangkan suatu ide, merinci, melengkapi dan menambahkan detail-detail terhadap ide sehingga dapat dilaksanakan dan dikerjakan (Munandar  1997). Sebagai contoh, jika seorang siswa pada pelajaran Fisika ingin membuat rangkaian listrik sederhana maka ia perlu alat-alat seperti : baterai sebagai sumber arus listrik, lampu senter, kabel, dan perlengkapan lainya. Setelah semua itu ia dapatkan ia juga harus memikirkan bagaimana merangkainya sehingga rangkaian itu berfungsi.

Konfirmasi boleh juga dikatakan sebagai penguatan dari proses pembelajaran yang telah berlangsung yang dapat berupa kesimpulan atau penutup dari pembelajaraan saat itu. Ditermin konfirmasi ini biasanya pendidik juga akan menyampaikan tugas, pekerjaan rumah, atau informasi lain yang siswa akan persiapkan untuk pertemuan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar