Kamis, 16 Juli 2009

Celoteh dan Canda siswa yang tulus

Pada hari ini aku ngajar 10 jam, ouh...menyenangkan tapi meletihkan. Kalau dipikir itu suatu konsekuensi dari suatu keputusan yang aku ambil karena untuk menambah cakrawala ilmu yang tak berujung.

Tatapan mata anak-anakku, celoteh dan canda mereka yang tulus membuat aku bertambah semangat untuk mendidik dan menghantarkan mereka ke gerbang kesuksesan. Rasa lelahku hilang ketika meraka berucap "Assalamu'alaikum Pak" jika mereka bertemuku. Rasa banggaku semakin bertambah ketika mereka hadir kembali ke sekolah mereka dulu dengan segudang prestasi dan career, dalam hatiku bergumam "Terima kasih Tuhan...karena Engkau telah mengabulkan doa dan usahaku untuk menghantarkan mereka ke gerbang yang mereka impikan.

"Tepat waktu" merupakan slogan yang mudah diucapkan dan sulit sekali dilaksanakan, juga memerlukan energi yang besar untuk memulai dan konsisten menjaganya. Terkadang waktu perjalanan yang akhir-akhir ini sulit ditebak dengan beragam kemacetan. Dulu ketika masuk sekolah jam 07.00 waktu perjalanan bisa aku tempuh paling lama 1 jam dan paling cepat 45 menit dari rumah ke sekolah tempat aku mengajar (selama kurang lebih 10 tahun), tetapi setelah PEMDA DKI menerapkan masuk sekolah jam 06.30 waktu perjalananku semakin lama dan bertambah sekitar 15 sampai 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar