Rabu, 15 Juli 2009

Kebersamaan

Kebersamaan merupakan suatu istilah yang lebih luas lagi dalam agama Islam sering disebut ukhuwah. Cuma kata Ukhuwah ini harus didasari oleh Iman yang satu, tanpa itu ukhuwah hanya sebatas slogan semata.

Kebersamaan bisa beragam keimanan dan biasanya diikat oleh aturan tertentu sehingga seseorang itu harus bersama dalam sebuah kelompok atau bangsa. Dulu kita tahu dalam deskriptif tulisan dan dokumen sejarah bahwa kebersamaan kita sebagai bangsa sangat tinggi untuk mengusir penjajah di tanah air yang tercinta. Kebersamaan juga kita bisa saksikan ditradisi gotong royong dan ronda bareng yang hingga saat ini masih dilakukan di beberapa daerah di Indonesi Raya ini.

Kemerdekaan diperoleh dan pemerintahan terbentuk namun kebersamaan kita sedikit demi sedikit semakin menipis seiring perjalanan waktu sampai muncul individualistis di masyarakat kita. Kesenjangan antara si kaya dan si miskin , birokat dan masyarakat bawah (miskin dan tidak terdidik) semakin terasa yang menambah rasa kebersamaan semakin menghilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar