Minggu, 04 November 2012

Mari kita hantarkan anak-anak kita menjadi mumin yang kuat


Muslim dan Mumin merupakan gelar seorang yang beragama islam dan telah meyakini 6 rukun iman. kedua kata tersebut (muslim dan mukmin) banyak ditulis di dalam Al-Quran, dan yang paling banyak ditulis yaitu kata mumin. Boleh juga dikatakan bahwa tidak semua orang muslim itu termasuk orang mumin namun semua orang mumin termasuk kedalam orang muslim. Kalau dibuat diagram venn akan seperti gambar di bawah ini:
Kalau merujuk ke dalam surat Al Imran ayat 16 dan 17, satu syarat dari beberapa syarat orang bertaqwa yaitu Mumin. Orang mumin juga memiliki tingkatan-tingkatan dengan tingkatan yang paling tinggi yaitu orang yang bertaqwa (Muttaqin). Di dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Abuhurairah Nabi berpesan kepada kita bahwa "Mumin yang kuat lebih baik daripada mumin yang lemah".
Makna kuat dalam hadist tersebut dapat berarti kuat secara fisik (jasmani), kuat  ruhani atau telah terpatri kokoh iman di dalam hati-hati kita, kuat ekonomi (mumin yang kaya), dan kuat teknologi. Sebagai orang tua dan pendidik yang tentu saja memiliki amanah berupa anak, mari kita hantarkan anak-anak kita menjadi mumin yang kuat sebagaimana hadist Nabi tersebut.
Ada istilah "Membaca agar kita mengenal dunia, menulis agar kita dikenal dunia, bertaqwa agar kita bahagia di akhirat". Semoga anak-anak kita dan anak didik kita di kenal di dunia dan di akhirat. AMIN.




2 komentar:

  1. Muhammad Raka Gunara2 Desember 2012 pukul 23.03

    Sesungguhnya allah bukan melihat dari mata tapi, allah melihat dari hati seseorang dengan ketakwaannya dengan allah swt. Jika orang tersebut memiliki ketakwaan yang besar maka derajat orang tersebut dinaikkan oleh allah swt. Zikir, solat dan bersedekah memudahkan kita untuk masuk surga. Apalagi jika kita mati syahid demi membela agama allah, kita dapat diampuni dosa dosa kita dari mulai tetesan darah pertama.

    BalasHapus
  2. iya pak, sesuai dengan hadits juga, selain bertaqwa seseorang juga sangat dianjurkan untuk mencari ilmu selama dia masih hidup

    BalasHapus